Sabtu, 09 November 2019

DIGITAL MARKETING

Digital marketing adalah salah satu metode marketing yang saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat.Digital marketing itu sendiri mengacu pada metode marketing dengan memanfaatkan peralatan elektronik seperti komputer dan juga smartphone agar bisa berinteraksi dengan para konsumen.Aplikasi dari digital marketing itu sendiri biasanya lebih banyak mengacu pada berbagai tekhnologi yang memanfaatkan internet seperti email, jaringan sosial dan juga website.Metode digital marketing juga menggunakan model peralatan elektronik lainnya seperti radio, saluran TV, papan bilboard di jalan-jalan utama dan masih banyak lagi.Manfaat Digital Marketing. Pemanfaatan digital marketing di dunia modern saat ini sudah tidak perlu lagi dimanfaatkan Saat ini sebagian besar konsumen atau calon konsumen mulai beralih ke internet atau berbagai media digital lainnya untuk menemukan informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu, para calon konsumen ini juga ingin tahu mengenai pendapat teman atau relatif mereka mengenai sebuah brand tertentu.Para konsumen menginginkan brand yang dapat mereka percaya, memiliki kualitas yang mereka cari dan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mereka. Disinilah digital marketing berperan penting untuk bisa menjangkau para calon konsumen tersebut.Jenis-jenis Digital Marketing Secara umum dikenal ada dua jenis digital marketing, yaitu:• Push digital marketingJenis digital marketing yang satu ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen.Beberapa strategi marketing yang masuk dalam kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan juga pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang.Kelebihan dari digital marketing ini adalah menyediakan data yang lebih lengkap, mampu mentarget calon konsumen yang sesuai, bisa berlangsung secara konsisten dan juga bisa mengirim konten promosi tepat waktu.Kekurangannya sendiri meliputi biaya yang cukup tinggi, target calon konsumen yang tidak terlalu besar serta ada kemungkinan untuk sulit ditemukan.• Pull digital marketingTidak seperti jenis push digital marketing dimana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.Para konsumen mencari informasi ini melalui website atau blog yang menyediakan informasi yang mereka cari. Aktivitas SEO atau Search Engine Optimization yang bertujuan untuk memaksimalisas penggunaan mesin pencari merupakan hal yang erat kaitannya dengan jenis marketing yang satu ini.SEO memungkinkan website atau blog dari sebuah produk berada pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, yang akan memperbesar kemungkinan untuk dikunjungi. Dengan menggunakan tekhnik SEO, para marketer akan bisa menjawab kebutuhan para konsumen dalam mencari apa yang mereka butuhkan di internet, dan secara tidak langsung menyukseskan strategi pull digital marketing.Kelebihan dari jenis digital marketing ini adalah ukuran konten yang tidak terbatas serta fleksibilitas dalam menyimpan dan menampilkan konten. Kekurangannya sendiri meliputi tingkat kesulitan yang cukup besar agar para konsumen bisa menemukan konten yang sudah dibuat serta adanya kemungkinan blocking bila konten yang ada tercampur baur.Membuat Strategi Digital MarketingDalam menjalankan digital marketing, para marketer tentunya perlu menyiapkan strategi dan rencana tertentu agar bisa mencapai hasil yang mereka inginkan. Saat ini sebagian besar industri baik skala kecil, menengah, ataupun besar memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau konsumen mereka.Tanpa strategi yang tepat, maka semua usaha akan tenggelam di antara ribuan usaha serupa dan tidak akan berhasil mencapai tujuan awal yang diinginkan. Hal ini sama saja dengan menyia-nyiakan dana yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar